Rabu, 14 November 2007

KRISIS EKONOMI

SIAPA PEDULI DENGAN KRISIS EKONOMI

Dampak krisis ekonomi hingga saat ini masih terus dirasakan. Kondisi ini menyebabkan menurunntya kesejahteraan masyarakat secara significant, yang ditandainya dengan terdepresiasinya nilai tukar rupiah, sektor riil mengalami kemunduran dan bahkan kemacetan, meningkatnya harga-harga, menurunnya daya beli masyarakat, bertambahnya jumlah pengangguran dan meningkatnya jumlah penduduk miskin.
Dalam upaya mengentaskan kemiskinan, pemerintah melalui berbagai program telah banyak mengembangkan skim kredit misalnya bantuan modal. Baik yang bersifat hibah maupun pinjaman dengan syarat ringan untuk membantu para keluarga miskin mengembangkan usahanya sehingga dapat melepaskan diri dari belenggu kemiskinan. Berbagai skim kredit tersebut selain dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada para keluarga dalam membiayai usaha dan pengembangan usaha dikembangkan, juga untuk merangsang masyarakat agar memanfaatkan peluang dan potensi yang telah disediakan pemerintah dan masyarakat sehingga diperoleh efek sinergi yang menguntungkan.
Dampak semakin banyaknya orang miskin sangat terasa akhir-akhir ini yang ditandai dengan tingkat kriminalitas yang semakin tinggi, arus urbanisasi sangat deras, dan semakin meningkatnya jumlah pengemis baik di kota besar maupun di kota kecil. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar di Indonesia.
Dengan melihat kenyataan seperti ini, maka dalam rangka meningkatkan kemampuan keluarga untuk mengentaskan dari kemiskinan, perlu diberikan suatu peluang seluas-luasnya kepada keluarga-keluarga miskin untuk mendapatkan kemudahan dalam memperoleh tambahan modal kerja maupun investasi. Namun siapa yang mampu memberikan kemudahan seperti itu, jangkankan untuk berinvestasi untuk menyambung makan pun dirasakan sulit. Adakah program khusus dari pemerintah untuk hal ini mari kita berfikir bersama semoga ada solusi untuk memecahkannya.

Anda membutuhkan makalah tentang hal di atas? Emailkan saja ke alamat bilaramadani@gmail.com
e-one 1 nov 07-Sosial


Ada memiliki masalah dengan tugas anda?

Apa salahnya jika anda mencoba peluang ini????....