Sabtu, 18 Oktober 2008

SDM & Analsis Kompetensi

Memfokuskan pada hubungan strategis bisnis terhadap usaha kinerja individu akan merangsang pegawai untuk mengembangkan kompetensi yang dapat digunakan dalam berbagai situasi pekerjaan, dalam hal ini pegawai dapat mengembangkan kemampuan yang berguna secara menyeluruh pada organisasi saat berubah dan berevolusi.
Kenneth H. Pritchard dalam Robert L. Mathis diterjemahkan Jimmy Sadeli (1997:35) mengemukakan pendekatan kompetensi mempengaruhi....
aktivitas sumber daya manusia, khususnya berikut ini :
1.Seleksi dan penempatan
Kompetensi yang diperlukan dalam pekerjaan teridentifikasi, aktivitas seleksi dan penempatan harus direvisi untuk berfokus pada penilaian kompetensi individu.
2.Pengembangan sumber daya manusia
Dalam menilai kebutuhan pelatihan dan mengevaluasi pencapaiannya, fokus harus pada kemampuan. Pengembangan karir juga harus berfokus pada pertumbuhan kompetensi dan kesempatan, baik di dalam maupun di luar organisasi.
3.Manajemen kinerja dan kompensasi
Bergeser dari sistem kompensasi berdasarkan tugas ke suatu sistem kompensasi berdasarkan kompetensi membutuhkan usaha yang besar. Menilai kinerja dengan mengukur hasil dan kompetensi, apabila organisasi itu terstruktur. Mengganjar individu atas kompetensinya, khususnya yang kurang tampak dan lebih pada tingkah laku, mengarah pada struktur kompensasi yang berbeda.
Kesulitan dalam analisis kompetensi berkisar pada pergeseran besar dalam fokus dari tugas kompetensi. Bergeser ke kompetensi dapat menjurus pada perluasan organisasi untuk dapat lebih fleksibel, cross-training yang lebih besar, introduksi dan penggunaan tim pekerjaan, merevisi sistem kompensasi dan manajemen kinerja berfokus pada individu, dan mengubah usaha pelatihan untuk berfokus pada pengembangan kompetensi. Analisis pekerjaan akan bergeser untuk menjawab kondisi pekerjaan yang berubah menjadi lebih luas dan longgar dalam beberapa area, tetapi tetap relevan dalam area dimana pekerjaan tetap berdasarkan tugas, karena pendekatan berdasarkan tugas lebih sering dijumpai.

Ada memiliki masalah dengan tugas anda?

Apa salahnya jika anda mencoba peluang ini????....