Rabu, 24 September 2008

KEWIRAUSAHAAN

KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN (BAHAN KULIAH DI S1 FKIP akuntansi)

Untuk memudahkan dalam pemberian materi perkuliaha pada mahasiswa semester VII Program Studi Akuntansi saya mencoba menyusun sebuah resume materi sebagai berikut.
q Kewirausahaan merupakan ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan prilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidupnya.
q Kewirausahaan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena berisi body of knowledge yang utuh dan nyata ada objek, konsep dan metodenya.
q Objek studi kewirausahaan aalah kemampuan merumuskan tujuan hidup, memotivasi diri, berinisiatif, membentuk modal, mengatur waktu dan membiasakan diri untk belajar dari pengalaman
q Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemampuan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.
q Kreatifivas adalah berfikir sesuatu yang baru.
q Keinovasian adalah bertindak melakukan sesuatu yang baru.
q Secara efistimologis kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat dalam menghadapi tantangan hidup.
q Unsur-unsur kewirausahaan meliputi motivasi, misi, komunikasi, optimisme, dorongan semangat, dan kemampuan memanfaatkan peluang.
q Fungsi wirausaha adalah memperkenalkan barang baru, melaksanakan metode produksi baru, membuka pasar baru, membuka sumber baru, dan melaksanakan organisasi yang baru.
q Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah dengan cara –cara baru dan berbeda agar dapat bersaing
q Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang memiliki prilaku inovatif, kreatif, menyukai perubahan kemajuan dan tantangan
q Rahasia kewirausahaan terletak paa kreativitas dan inovasi
q Ciri utama kewirausahaan dapat dilihat dari watak, dan prilakunya yaitu percaya diri, berorientasi pada hasil, pengambil resiko, kepemimpinan, keorisinilan dan beroreintasi ke masa depan.
q Nilai-nilai kewirausahaan meliputi komitmen, risiko yang moderat, peluang, objektif, umpan balik, optimisme, uang, proaktif dalam menajemen.
q Ciri-ciri wirausaha berhasil adalah memiliki visi dan tujuan, berani menanggung resiko, berencana, kerja keras, familiar, bertanggung jawab atas kegagalan dan keberhasilan.
q Kepribadian wirausaha terletak pada kepercayaan diri, kemampuan mengorganisir, kreativitas, suka tantangan
q Ada empat sistem nilai, yaitu sistem nilai pragmatik, moralistik, efektif, dan bauran
q Kepercayaan diri adalah sikap dalam keyakinan seseorang dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugasnya.
q Kepercayaan diri berpengaruh pada gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja keras dan kegairahan berkarya
q Berinisiatif adalah keinginan untuk selalu mencari dan memulai dengan tekad yang kuat.
q Keberanian menanggung resiko tergantung pada daya tarik setiap alternatif, persediaan untuk rugi, kemungkinan relatif untuk sukses atau gagal.
q Kemampuan untuk mengambil resiko ditentukan oleh keyakinan diri, kesediaan untuk menggunakan kemampuan, dan kemampuan untuk menilai risiko
q Kepemimpinan kewirausahaan memiliki sifat-sifat : kepeloporan, keteladanan, tampil berbeda, lebih menonjol, mampu berfikir divergen dan konvergen
q Berorientasi ke masa depan adalah perspektif selalu mencari peluang, tidak cepat puas dengan keberhasilan dan berpandangan jauh ke depan.
q Rahasia kewirausahaan dalam menciptakan nilai tambah terletak pada penerapan kreativitas dan kenovasian untuk memecahkan persoalan dan kreativitas
q Ciri-ciri kepribadian kreatif terletak pada keterbukaan, kreativitas, kepercayaan diri dan kecakapan, kepuasan, rasa tanggung jawab dan penuh daya imajinasi
q Tujuh langkah berpikir kreatif : persiapan (preparation), penyelidikan (Investigation), Transformasi (transformation), penetasan (incubation), penerangan (Illumination), Pengujian (verification), Implementasi (Implementation).
q Setiap kewirausahaan meliputi keterbukaan, kebebasan, pandangan yang luas, berorientasi pada masa datang, berencana, berkeyakinan, sadar, dan menghormati orang lain dan pendapat orang lain
q Pada tingkah laku kewirausahaan tergambar dalam kepribadian, kemampuan hubungan, kemampuan pemasaran, keahlian mengatur, dan sikap terhadap uang.
q Kepribadian wirausaha tercermin dalam kreativitas, disiplin idiri,kepercayaan diri, keberanian menghadapi risiko, dorongan dari kemauan yang kuat.
q Ada tiga motif kewirausahaan yaitu motif berprestasi, motive berafiliasi, motif berkekuasaan(N’pow)
q Alasan orang menjadi wirausaha meliputi alasan keuangan, alasan sosial, alasan pelayanan, dan alasan memenuhi diri sendiri.

Anda membutuhkan makalah tentang hal di atas? Emailkan saja ke alamat bilaramadani@gmail.com
e-one 17/Sept-08 “Kewirausahaan”


Ada memiliki masalah dengan tugas anda?

Apa salahnya jika anda mencoba peluang ini????....